Temui Aku di Sini

Alasan Takut Mati

Banyak hal yang membuat seseorang takut untuk mati. Memang kematian adalah batas usia manusia, yang kedatangannya tidak pasti tapi pasti akan datang. Manusia cenderung akan takut mati bila diketahui akan mati kapan dan hari apa, seperti orang yang akan dieksekusi mati dalam waktu dekat. Meski sebagian yang lain akan sangat yakin untuk menghadapi kematiannya sebab sudah tahu hari di mana dia akan mati. Namun kebanyakan orang tidak merasakan khawatir soal mati bila tidak tahu kapan kematiannya, seperti tiba-tiba kecelakaan, terkena serangan jantung, keracunan, atau terkena penyakit yang menyebabkan koma panjang kemudian mati dalam waktu koma. Hanya saja, kita tidak bisa memilih waktu untuk mati.

Kebanyakan orang takut untuk mati sebab memiliki banyak penyesalan dan beberapa hal yang diinginkan belum tercapai. Seperti seorang tua yang menderita, takut mati sebab masih ada bayi yang berat untuk ditinggalkannya. Sebaliknya, ada orang yang sudah siap untuk mati sebab merasa hidupnya sudah cukup sampai situ saja, seluruh keinginannya terlaksana, dan tujuan hidupnya tercapai. Ada orang yang mati muda, karena tujuannya sudah selesai pada usia itu. Namun, bukankah sangat menyakitkan bila kita ingin hidup panjang, sedangkan kita akan sering dihadapkan dengan kehilangan, ditinggal teman sebaya karena usia dan menyaksikan perpindahan zaman yang sudah bukan lagi zaman di mana kita lahir? Semua akan asing, dan pada akhirnya kematianlah yang menjadi pilihan untuk mengakhiri pengasingan tersebut.

Manusia bisa menangis, barangkali karena tidak ada tawa yang bisa disyukuri. Dan ada pula manusia yang hanya bisa tersenyum, sebab kematian tak lebih adalah jalan untuk mengakhiri ketidakadilan dalam dirinya.



Labels: 2022, Renungan

Terima kasih telah membaca Alasan Takut Mati. Kalau Anda suka, bagikan!

0 Comment for "Alasan Takut Mati"

Back To Top